Rabu, 24 Oktober 2012

IKHLAS

Semoga ALLAH mengkaruniakan kepada kita hati yang ikhlas,karena betapapun kita melakukan sesuatu hingga bersimbah peluh berkuah keringat, habis tenaga dan terkuras pikiran, kalo tidak ihklas melakukannya tidak akn ada nilainya dihadapan ALLAH. bertempur melawan musuh tapi klo hanya ingin disebut sebagai pahlawan, ia tidak memiliki nialai apapun. menafkahkan seluruh harta kalo hanya ingin disebut sebagai dermawan, ia tidak akan memiliki nilai apapun, mengumandangkan azan setiap sholat namun setiap azan bukan ALLAH yang dituju, hanya sekedar memamerkan suara atau menggetarkan hati seseorang, maka itu teriakan-teriakan yang tidak bernilai dihapan ALLAH, sekali lagi tidak bernilai. ihklas terletak pada niat hati, luar biasa sekali pentingnya niat ini, karena niat adalah pengikat amal, orang yang tidak pernah memerhatiakan niat yang ada di dalam hatinya, siap-siaplah untuk membuang waktu, tenaga dan harta dengan tiada arti. keikhlasan seseorang menjadi sangat penting dan akan membuat hidup ini terasa mudah, indah dan jauh lebih bermakna. apa itu ikhlas??orang yang ikhlas adalah orang yang tidak menyertakan kepentingan pribadi atau imbalan duniawi dari apa yang dpat ia lakukan. konsentrasi orang yang ikhlas cuma satu, yaitu bagaimana apa yang  dilakukan dapat diterima oleh ALLAH. jadi ketika sedang memasukkan uang kedalam kotak infaq, maka fokus pikiran kita tidak ke kiri dan ke kanan, tappi fokus bagaimana uang yang dinafkahkan itu diterima disisi ALLAH.
apapun yang dilakukan kalo konsentrasi kita pada ALLAH, itulah ikhlas.seperti yang diktakan imam ali, orang ihklas ialah orang yanng memusatkan pikirannya agar setiap amalnya diterima di sisi ALLAH. seseorang pembicara yang tulus tidak perlu merekayasa agar penuh pesona, tapi ia akan mengupayakan agar kata-kata yangg diucapkan benar-benar menjadi kata yang  disukai oleh ALLAH, dapat dipertanggung jawabkan kebennaran dan artinya. selebihnya terserah ALLAH, kalao ikhlas meskipun sederhana kata-kata kita, ALLAH lah yang kuasa menghujamkan pada setiap kolbu, oleh karena itu jangan terjebak oleh rekayasa, ALLAH sama sekali tidak membutuhkan rekayasa apapun dari setiap manusia. ALLAH maha tahu segala lintasan hati, maha tahu segalanya. makin bening, makin bersih, semuanya semata mata karena ALLAH, maka kekuatan ALLAH yang akan menolong semuanya. buah apa yang didapat dari seorang hamba yang ikhlas itu???seorang hamba yang ikhlas akan merasakn ketentraman jiwa, ketenangan batin, betapa tidak??karena ia tidak diperbudak oleh  penantian untuk mendapatkan pujian, penghargaan dan imbalan, kita tahu bahwa penantian adalah sesuatu yang tidak mengenakkan, begitu pula menunggu diberi pujian, juga menjadi sesuatu yang tidak nyaman.  lebih getir lagi bahwa ternyata yang kita lakukan tidak dipuji, pasti kita akan kecewa. tapi bagi seorang hamba yang ikhlas ia tidak akan pernah mengharapkan apapun dari siapapun, karena kenikmatan baginya bukan  dari mendapatkan, tapi daari apa yang bisa dipersembahkan. jadi kalau saaudara mengepel lantai, dan di dalam hati mengharap pujian, tidak usah heran jika yang datang nanti bukannya pujian melainkan cibiran, tidak heran pula kalau kita tidak ikhlas kita akan banyak kecewa dalam hidup ini. orang yng tidak ikhlas akan banyak tersinggung dan terkecewakan karena memang ia terlalu banyak berharap. karenanya, biasakanlah kalao sudah berbuat sesuatu, lupakan perbuatan itu, kita titipkan saja di sisi ALLAH yang pasti aman, jangan pula disebut- sebut, diingat-ingat karena nanti akan berkurang pahalanya.lalu dimanakah letak kekuatan hamba yang ikhlas??seorang hamba yang ikhlas akan memiliki kekuatan ruhiahyang besar.ia seakan akan menjadi pancaran energi yang melimpah, keikhlasan seorang dapat dilihat pula dari raut muka, tutur kata, serta gerak-gerik perilakunya.kita akan merasa aman bergaul dengan orang yang ikhlas. kita tidak curiga akan ditipu, kita tidaak akan curiga dikecoh olehnya. dia benar-benar bening dari berbuat rekayasa. setiap tumpahan kata-katanya dan perillakunya tidak ada yang tersembunyi. semua itu ia lakukan tanpa mengharap apapun dari orang yang dihadapinya. yang ia harapkan ialah memberikan yang terbaik untuk siapapun.
sungguh akan nikamat bila bergaul dengan orang yang ikhlas. setiap katanya tidak akan seperti pisau yang akan mengiris hati. perilakunyapun tidak akan menyudutkan dan menyempitkan diri, tidak usah heran orang ikhlas itu memiliki daya gugah dan daya ubah yang begitu dahsyat. orang yang ikhlas ialah orang yanng punya kekuatan, ia tidak akan kalah oleh aneka macam selera rendah, yaitu rindu pujian dan penghargaan.......ALLAHUAKBAR.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar